Tumor Jinak Fibroadenomamammae (FAM)


Tumor Payudara dibagi menjadi 2 jenis yaitu tumor payudara yang ganas dan yang jinak. Nah tumor payudara yang jinak ini disebut juga dengan tumor payudara FAM. Tahukah anda  bahwa terkadang Tumor payudara yang ganas berasal dari tumor payudara jinak yang kurang mendapatkan penanganan yang tepat?
Saat ini kondisi lingkungan di bumi sudah mengalami pergeseran iklim yang cukup ekstrim. Dulunya yang daerahnya panas bisa tiba-tiba menjadi dingin dan begitu juga sebaliknya. Kondisi ekstrim seperti inilah yang bisa memungkinkan sebuah penyakit bermutasi untuk menjadi lebih ganas. Ini bukan hanya sekedar fiksi atau rekayasa film saja, melainkan ini adalah kenyataan dan ini juga bisa terjadi pada tumor payudara yang jinak.

Apa itu FAM?

Ini merupakan tumor jinak payudara dan merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.
Tumor jinak payudara (fam) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun. Yang perlu diperhatikan adalah jika ada benjolan jangan langsung berpikiran yang seram – seram apalagi langsung memvonis benjolan itu kanker, selalu untuk berpikir positif.

Biasanya berbentuk bulat menyerupai kelereng, jika bentuk tidak beraturan maka dicurigai tumor ganas, konsistensi (kekerasan pada benjolan) kenyal seperti bakso karena berisi lemak, jadi jika benjolan di tekan maka lembeknya seperti kita menekan bakso, jika keras seperti batu di curigai tumor ganas.

Benjolan bersifat mobile, artinya benjolan itu dengan mudah kita gerakkan (tidak menempel dengan kuat), jika benjolan itu tidak mobile (sulit digerakkan) dicurigai benjolan itu bersifat ganas karena biasanya benjolan itu sudah berakar ke dalam jaringan payudara.

Benjolan dapat muncul di seluruh payudara namun lebih sering pada 1/3 bagian luar atas jaringan payudara atau dekat ketiak, dan di sekitar puting susu. Sel tumor tidak menyebar atau tidak berpindah ke bagian lain pada tubuh manusia.
Ada yang bilang tumor payudara jenis ini akan tetap menjadi jinak selama-lamanya dan tidak mungkin membahayakan, namun ternyata ada beberapa kasus dimana penderita yang sebelumnya terkena tumor payudara jinak ini justru meninggal karena terdeteksi mengidap tumor payudara ganas stadium 4. Sangat mengejutkan bukan? Nah, untuk mencegah hal seperti ini terjadi, maka anda harus segera memberikan penanganan pada tumor anda tersebut.
Ya, jika anda memahami lebih jauh tentang penyakit tumor payudara jinak ini, sebenarnya walaupun tumor ini jinak tapi sebagai seorang wanita tentu saja kehadiran penyakit ini akan sangat mengganggu anda bukan? Bayangkan saja, aktifitas dan gerakan anda harus terganggu dengan adanya tumor ini sehingga bisa membuat tingkah laku anda serba salah akibat sebuah “makhluk baru” yang muncul pada tubuh anda.

Penanganan FAM

Untuk mengatasi Tumor Payudara FAM atau jinak ini, anda bisa segera pergi ke dokter ahli bedah tumor dan kemudian melakukan sebuah operasi kecil untuk mengangkat tumor di payudara anda tersebut. Anda tidak perlu khawatir dengan operasi pengangkatan tumor ini, karena biasanya operasi ini hampir tidak meninggalkan bekas pada payudara anda sehingga tampak seolah-olah anda tidak pernah melakukan operasi.
Tapi tentu saja, anda juga tidak boleh sembarangan memilih dokter bedah tumor karena salah-salah anda bisa terkena mal praktek dan hasilnya justru akan sangat mengecewakan anda. Pilihlah seorang dokter Ahli Bedah Tumor yang sudah cukup terkenal keahliannya, tidak apa-apa jika anda harus membayar sedikit mahal asalkan operasi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan anda. Seorang dokter ahli bedah tumor yang hebat, biasanya juga akan memberikan resep-resep perawatan atau terapi herbal kepada anda setelah pengangkatan tumor payudara FAM.

Referensi 1
Referensi 2

4 komentar: