3 Jenis Pisang

Kali ini kita akan membahas tentang pisang, salah satu buah favorit penulis. Tidak hanya mengupas kulitnya dan memakan dagingnya, kita juga sepatutnya mengetahui lebih dalam tentang salah satu buah yang sangat terkenal dan memiliki banyak manfaat ini ini.

Pisang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis. Pisang adalah buah tumbuhan dari suku Musaceae. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kaliumPisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh.


Dilihat dari penggunaannya, pisang dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:



1. Pisang Serat

Nama ilmiah pisang serat adalah Noe Musa textiles. Pisang serat adalah tanaman pisang yang tidak diambil buahnya tetapi diambil seratnya. Pada awal abad 16, Pigatotta menerangkan bahwa penduduk asli daerah Cebu, Filipina, memanfaatkan serat pisang Manila ini untuk bahan pakaian. Karenanya pisang ini dinamakan Musa Tekstilis. Tinggi maksimal batang pisang ini mencapai 7 meter. Daunnya cenderung lanset dan memiliki warna hijau sama seperti daun pisang lainnya. Jika didasarkan pada iklim, jenis pisang serat menyukai keadaan tanah yang lembab dengan curah  matahari yang lebih.

2. Pisang Hias

Pisang hias atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama Heliconia Indica Lamek memang memiliki tampilan fisik yang menarik. Ukuran pohonnya juga tidak sebesar dan setinggi pisang serat juga pisang buah. Pisang hias ini diperbanyak dengan menggunakan anakan. Jenis pisang hias ada dua, yakni pisang kipas dan pisang-pisangan. Pisang kipas menyerupai kipas dan memiliki nama lain yakni pisang madagaskar. Diduga pisang ini memang berasal dari daerah Madagaskar, Afrika. Sementara itu pisang-pisangan memiliki batang semu dengan ukuran kecil dan memiliki bunga yang indah. Pisang-pisangan paling populer dijadikan penghias halaman rumah.

3. Pisang Buah

Golongan pisang buah dibagi lagi ke dalam dua kelas yakni pisang meja dan  pisang olah. Pisang meja merupakan jenis pisang yang bisa dikonsumsi langsung tanpa harus diolah. Konsumsi pisang ini dalam keadaan matang. Jenis-jenis pisang meja misalnya pisang raja, pisang susu, pisang mas, pisang hijau, pisang ambon kuning, pisang barangan, pisang ambon lumut, pisang cavedish, pisang seribu dan masih banyak lagi lainnya.
Sementara itu, pisang olah atau Cooking Banana merupakan jenis pisang yang konsumsinya harus diolah terlebih dahulu. Sebab dalam keadaan matang sekalipun, jenis pisang ini kurang nikmat untuk disantap. Jenis-jenis pisang olah antara lain pisang oli, pisang kepok, pisang nangka, pisang tanduk, pisang siam, pisang kapas, pisang bangkahulu dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar