Perbedaan Bluetooth dan Wi-Fi

Bluetooth didefinisikan sebagai teknologi radio jarak pendek (atau teknologi nirkabel) yang bertujuan untuk menyederhanakan komunikasi antar perangkat - perangkat Internet dan antara perangkat dengan Internet. Hal ini juga bertujuan untuk menyederhanakan sinkronisasi data antar perangkat Internet dan komputer - komputer lain.

Produk - produk yang menggunakan teknologi Bluetooth, harus berkualitas dan lulus uji interoperabilitas oleh Bluetooth Special Interest Group sebelum dirilis. Anggota pendiri Bluetooth meliputi Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba. (http://www.webopedia.com)

Bluetooth adalah suatu teknologi komunikasi wireless yang memanfaatkan frekuensi radio ISM 2.4 GHz yang memungkinkan dua perangkat yang kompatibel untuk berkomunikasi tanpa kabel dan tidak memerlukan koneksi saluran yang terlihat untuk menghubungkan perangkat genggam secara terpisah (handphone, PDA, computer, printer, dan lain-lain) dengan jangkauan yang relatif pendek. 



Nama sebuah teknologi jaringan nirkabel populer yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan koneksi internet dan jaringan berkecepatan tinggi tanpa kabel. Wi-Fi Alliance, organisasi yang memiliki merek dagang terdaftar Wi-Fi, mendefinisikan Wi-Fi sebagai setiap "produk jaringan area lokal nirkabel (WLAN) yang didasarkan pada standar 802,11 Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE)."

Wi-Fi bekerja tanpa sambungan kabel fisik antara pengirim dan penerima, yaitu dengan menggunakan teknologi frekuensi radio (RF), yang merupakan frekuensi dalam spektrum elektromagnetik yang berhubungan dengan propagasi gelombang radio. Ketika arus RF disalurkan menuju antena, medan elektromagnetik diciptakan yang kemudian mampu menyebarkan melalui ruang angkasa. Dasar dari setiap jaringan nirkabel adalah Access Point (AP). Tugas utama AP adalah untuk menyiarkan sinyal nirkabel yang dapat dideteksi oleh komputer. Untuk dapat menghubungkan ke jalur akses dan bergabung dengan jaringan nirkabel, komputer dan perangkat harus dilengkapi dengan adapter jaringan nirkabel (Lihat "How Wireless Networks Work" in the "Did You Know..." bagian dari Webopedia). (http://www.webopedia.com)



Perbedaan Bluetooth dan Wi-Fi

Wi-fi adalah teknologi yang telah dipakai lebih lama dibandingkan dengan bluetooth. Hampir semua komputer yang diproduksi saat ini memiliki kartu LAN nirkabel terpasang di dalamnya. Bluetooth adalah teknologi yang relatif baru. Tapi produsen ponsel dan laptop telah mulai mengintegrasikan fasilitas ini dalam perangkat yang mereka produksi. Perbedaan utama antara wi-fi dan bluetooth adalah jangkauan. Standar bluetooth dikenal sangat baik, karena kecepatan transfer data yang tinggi dan keamanan data yang menyediakan.
  1. Jangkauan -- Kisaran area wi-fi cukup luas yaitu sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Di sisi lain, Bluetooth memiliki jarak sekitar 30 kaki.
  2. Standar -- Bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Sedangkan perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 2,0 bluetooth.
  3. Instalasi -- Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana sehingga tidak perlu dikonfigurasi. Anda bisa langsung mengaktifkan perangkat bluetooth lain untuk mentransfer data. Jika Anda ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi anda, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan membeli adaptor bluetooth. Berbeda dengan bluetootf, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi mengaktifkan jaringan, juga diperlukan router dan modem.
  4. Akses -- Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi. Bluetooth hanya memungkinkan Anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network), dan tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN),
  5. Kecepatan Transfer -- Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah bahwa kecepatan transfer data untuk bluetooth ini jauh lebih tinggi dari wi-fi. Menggunakan Bluetooth, Anda dapat mentransfer data dengan kecepatan 800 kbps, sedangkan wi-fi adalah data yang rentan terhadap kerugian dan karenanya memiliki kecepatan lebih rendah. Jika anda terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download Anda akan lebih kecil dari apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda terhubung menggunakan internet broadband.
  6. Aplikasi -- Bluetooth digunakan untuk transfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Anda dapat mengakses printer dengan mengaktifkan bluetooth dari komputer Anda. Untuk wi-fi, Anda tidak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi Anda dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa perangkat lain dalam jaringan. Akses internet nirkabel juga dapat diberikan kepada semua komputer dalam area LAN. Dalam kasus Bluetooth, hal ini tidak mungkin. (http://www.buzzle.com)

Berikut tabel perbandingan kelebihan dan kelemahan antara bluetooth dan Wi-Fi



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar